PT. BATAVIA PROSPERINDO TRANS RESMI TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)
PT. BATAVIA PROSPERINDO TRANS RESMI TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

PT. Batavia Prosperindo Trans Tbk resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 09 Juli 2018, dengan kode saham BPTR. BPTR adalah perusahaan ke 24 yang menawarkan saham perdana di BEI pada tahun 2018.

Dengan PT. Panin Sekuritas selaku penjamin emisi efek, BPTR melepas sebanyak 400.000.000 lembar saham (25,81%) dengan harga Rp. 100,- per saham dan berhasil meraup dana sebesar Rp. 40 milliar. Pada pencatatan perdana ini, saham Perseroan naik 70 persen atau sebesar Rp. 170,-

Seluruh dana yang diperoleh Perseroan dari hasil Penawaran Umum Perdana Saham, setelah dikurangi biaya-biaya emisi yang berhubungan dengan Penawaran Umum, akan dipergunakan Perseroan untuk meningkatkan jumlah armada kendaraan bermotor, yang rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Sebesar 50% akan digunakan Perseroan untuk penyelesaian angsuran utang sewa pembiayaan atas pembelian armada kendaraan bermotor yang telah dilakukan dari pihak ketiga.
  • Sebesar 50% akan digunakan Perseroan untuk pembayaran uang muka dan angsuran atas pembelian armada kendaraan motor baru.

Direktur Utama BPTR menekankan bahwa pendapatan Perseroan menunjukkan kenaikan yang pesat di tahun ketiga beroperasional, dari Rp. 6,23 milliar pada tahun 2015, ke Rp. 60,62 milliar pada tahun 2017. Kenaikan ini adalah hasil dari permintaan dari pasar, dari pelanggan baru maupun pelanggan yang sudah ada. Dengan status IPO, BPTR berharap agar dapat menggalakkan transparasi  dan akuntanbilitas kepada investor dan semua stakeholder.