Menjelang Lebaran
Menjelang Lebaran

Demikian tinjauan kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan untuk Jalur Lebaran 2016 yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Wilayah jalur mudik yang ditinjau antara lain Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Pulau Bali, Kalimantan Selatan-Kalimantan Timur, dan juga Sulawesi Selatan.
“Semua jalur mudik dalam kondisi siap dilalui pemudik. Pekerjaan (pembangunan dan perbaikan jalan) juga akan dihentikan pada H-30 Lebaran,” tutur Staf Ahli Menteri PUPR Bidang keterpaduan Pembangunan, Danis H Sumadilaga, usai Rapat Koordinasi Angkutan Lebaran 2016 di Kantor Kementerian Perhubungan Jakarta, Jumat (27/5).

Beberapa hal yang dilakukan untuk menambah kenyaman para pemudik dan mengurangi kemacetan antara lain dengan membuka jalan tol Ruas Pejagan-Pemalang yang akan dibuka hingga Brebes Timur dan juga pembangunan jalan lingkar Sumpiuh untuk mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di perlintasan rel kereta api di Sumpiuh.

Kementerian PUPR seperti juga di tahun-tahun sebelumnya, menyiapkan posko-posko alat berat dan petugas untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam pada masa mudik Lebaran 2016.  Pemerintah saat ini juga sedang berkoordinasi dengan operator jalan tol untuk mengatur waktu penggunaan tempat istirahat. 

Untuk lebaran tahun ini, PT Batavia Prosperindo Trans (BPT) menawarkan paket sewa mobil khusus untuk lebaran. Namun penawaran ini masih dibatasi untuk perusahaan yang telah menjadi Mitra dan Pelanggan BPT.

Langkah ini diharapkan untuk dapat memberi kenyamanan dan kemudahan bagi Perusahaan Mitra dan Pelanggan serta pegawainya. Dengan armada yang relative baru (maksimal berumur 2 tahun) serta kondisi kendaraan yang prima, tentu mudik lebaran jadi lebih nyaman.